Beranda | Artikel
Keadaan Ketika Sangkakala Ditiup
Jumat, 10 Juli 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Keadaan Ketika Sangkakala Ditiup merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Irsyad Ila Shahihil I’tiqad yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar As-Sundawy. Kajian ini disampaikan pada Jumat, 19 Dzulqa’dah 1441 H / 10 Juli 2020 M.

Download kajian sebelumnya: Digiring dan Dikumpulkannya Manusia Ke Negeri Syam

Kajian Tentang Keadaan Ketika Sangkakala Ditiup

Salah satu kandungan iman kepada hari akhir adalah iman kepada beberapa tanda kiamat,  kita sudah selesai membahas hal itu. Sekarang bagaimana keadaannya ketika kiamat itu terjadi, ketika sangkakala ditiup.

Ditiupnya sangkakala diterangkan berulangkali di dalam Al-Qur’an beserta apa yang terjadi ketika sangkakala itu ditiup. Tiupan sangkakala diikhtilafkan oleh para ulama, ada yang menyatakan dua kali, ada yang menyatakan tiga kali.

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullahu Ta’ala dalam kitab Majmu Fatawa, beliau menyatakan:

والقرآن قد أخبر بثلاث نفخات: نفخة الفزع: ذكرها في سورة النمل

Al-Qur’an mengabarkan tentang tiga kali tiupan; tiupan yang pertama adalah tiupan Al-Faza’ (terkejut), begitu tiupan itu dilakukan semua makhluk terkejut, tegang, takut. Dan ini oleh Allah ‘Azza wa Jalla diterangkan oleh Allah dalam surah An-Naml.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاءَ اللَّـهُ…

Dan pada hari ketika ditiupnya sangkakala, terkejutlah/takutlah/syoklah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi kecuali beberapa makhluk yang Allah kehendaki…” (QS. An-Naml[27]: 87)

Ini adalah tiupan yang pertama, yaitu yang disebut nafkhatul faza’, yaitu tiupan yang membuat seluruh makhluk terkejut dan kaget serta syok.

Yang kedua adalah tiupan ash-sha’qi (binasa). Dan yang ketiga adalah nafkhatul qiyam, yaitu tiupan yang membuat seluruh makhluk bangkit, hidup dan berdiri lagi. Kedua tiupan ini diterangkan oleh Allah dalam surat Az-Zumar ayat yang ke-68.

Mari download dan simak kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian Tentang Keadaan Ketika Sangkakala Ditiup


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/48710-keadaan-ketika-sangkakala-ditiup/